Celah Imigrasi Covid-19, Bupati Tanah Datar Pantau Pos Penyekatan Mudik

Celah Imigrasi Covid-19, Bupati Tanah Datar Pantau Pos Penyekatan Mudik
Foto : Bupati Eka Putra Bersama Rombongan

TANAH DATAR - Bupati Tanah Datar memantau posko penyekatan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, Jumat 7 Mei 2021.

Kegiatan ini dilakukan untuk memantau kesiapan petugas posko dalam menertibkan pemudik guna mencegah dan memutus penyebaran virus corona (Covid-19) pada lebaran tahun ini.

Dalam pemantauan itu, Bupati didampingi Kabag Ops Polres Tanah Datar, Kompol M. Ischak, TNI, Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis, Kasat Pol PP Yusnen, Kadis Perhubungan Harfian Fikri, BPBD, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra memberikan arahan dan petunjuk kepada seluruh petugas memastikan kondisi kesehatan masyarakat atau pengendara.

“Petugas menanyakan tujuan masyarakat, kalau ke Tanah Datar lakukan rapid test antigen, kalau reaktif akan diambil tindakan lanjutan, dan kalau negatif disilahkan lanjutkan perjalanan, ” kata Eka. 

Bupati Eka Putra menceritakan, penerapan pemeriksaan dengan disiplin dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang dalam beberapa hari terakhir kasus cukup tinggi di Tanah Datar. 

“Langkah ini untuk melindungi kita semua dari pandemi Covid-19, terutama perantau yang mudik sebelum bertemu keluarga di kampung halaman diperiksa dulu dan dipastikan tidak terpapar Covid-19 dan bagi yang sudah di kampung halaman untuk melapor dan memeriksa diri ke Satgas di nagari masing-masing, "tegas Eka.

Setelah dilaksanakan pemantauan di Pos Sitangkai dilanjutkan ke Pos Pemantau di Tanjung Modang perbatasan Tanah Datar dengan 50 Kota, Pos Pemantau di Simpang Baso dan Simpang Tanjung Alam, Pos Pemantau Kubu Kerambil dan Pos Pemantau di Ombilin. 

Dalam pantauan di Pos Pantau Ombilin, petugas di Posko melaporkan dari 7 orang masyarakat yang diperiksa ada 2 orang menunjukkan reaktif positif. 

Sesuai laporan petugas di posko, Bupati minta 2 orang yang menunjukkan hasil positif, mereka esok diharuskan melakukan test swab di Puskesmas.

Bupati apresiasi masyarakat memeriksakan diri dengan kesadaran sendiri ke pos pemantau, dan memberikan motivasi serta semangat dalam melaksanakan penjagaan posko terpadu pengendalian transportasi menjelang Idul Fitri 1442 Hijriyah.

"Ini menjadi bukti bahwa memang pos pemantau dibutuhkan dan bermanfaat, ”kata Bupati.(JH(

Cegahcovid19 poskolaranganmudik
Joni Hermanto

Joni Hermanto

Artikel Sebelumnya

44 Warga Binaan dan 9 Pegawai Terkonfirmasi...

Artikel Berikutnya

Kembali, Bupati Imbau Warga Tanah Datar...

Berita terkait